Notification texts go here Contact Us Get It Now!

Perubahan Adat: Kulit atau Isi?

Salah satu makanan favorit saya waktu kecil adalah "berkat" kenduren. Ini wujudnya bisa bungkusan berupa pincukan daun pisang, seperti ini


takir (dari daun pisang juga) seperti ini


atau besek (dari anyaman bambu)



Bungkusan ini tidak penting bagi saya, karena saya lebih fokeus pada isi, wa bil khusus lauk.

Maklum saja, masa kecil saya hidup ketika Pak Harto masih jaya-jayanya jadi presiden. Masa inilah masa di mana satu kampung cukup punya satu televisi, yang bisa sekolah tinggi hanya PNS dan horang kayah, jalanan kampung masih jalan tanah, jangan tanya listrik dan PDAM, jawabannya belum ada. Makanan pokok sehari-hari warga kampung sering makan nasi jagung, ada kecualinya sih, kecuali bagi horang kayah. Oleh karenanya, "berkat" yang isinya nasi beras, bihun goreng, tempe kering, dan lauknya telur rebus atau daging ayam 🐔 menjadi makanan favorit. Makanya, saya sering kesal jika ada yang bilang, "piye kabare? Enak jamanku tho?" , enak, enak mata*u.

"Berkat" ini datang tidak tiap hari, waktu-waktu tertentu saja. Pas ada yang nikahan, sunatan, tasmiyahan, nelung - mitu - matang puluh dina, mendhak, dan slametan. Saya kadang berfikir mungkin ini cara orang dulu membuat sistem agar horang gak kayah bisa merasakan makan enak. Tapi itu dulu, nafsu generasi milenial di kampung terhadap daging ayam dan telor di zaman sekarang tidak setinggi dulu malah bisa dibilang nyaris hilang.

🍎🍎🍎🍎🍎🍎🍎

Beberapa bulan yang lalu saya pulang kampung ke Jawa Tengah. Ada yang membuat saya senang: di rumah Mak'e banyak stok mie instan, secara saya termasuk pecinta mie gitu. Usut punya usut, banyaknya stok ini rupanya pengganti takir atau besek.

Takir/besek di zaman dulu yang isinya 45-47 dengan berkat, namun zaman sekarang diganti mie instan yang isinya sekali membawa bisa 5 bungkus. Alasan, penggantian isi ini karena kekhawatiran jika diisi nasi beras 🍚, mie, tempe, dan lauk tidak termakan di rumah, sehingga ada inisiatif warga diganti dengan mie instan dengan harapan (pasti) akan dikonsumsi.

Apakah ini termasuk perubahan Adat? Secara fisik "ya" namun secara substansi kearifan lokal bahwa maksud dari takir dan besek agar orang yang di rumah bisa ikut makan, tetap tidak berubah.

NB: adat menurut KBBI V

About the Author

Ayah dari 3 anak blasteran Jawa dan Bugis-Mandar, non partisan, pembelajar, dan santri.

إرسال تعليق

Silakan memberikan saran, masukan, atau tanggapan. Komentar Anda akan saya moderasi terlebih dahulu. Tautan aktif sebaiknya tidak dipasang dalam komentar. Dan, mohon maaf, komentar Anda mungkin tidak segera saya balas, karena kesibukan dan lain hal. Terima kasih :)
---Kosim Abina Aziyz
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.